Tuesday, January 8, 2013

Motor-motor Fenomenal 2012


1. Victory
img
Di pertengahan 2012, publik Indonesia dikagetkan dengan kehadiran motor gede asal Amerika Serikat Victory. Motor tersebut resmi hadir lewat PT Arya Motor Indonesia - Victory Motorcycles Indonesia.

Masyarakat Indonesia tidak hanya mencari mesin besar pada motor ini melainkan juga sejarah keberadaan motor tersebut. Di AS, Victory adalah pesaing berat Harley-Davidson. Dari segi bentuk,  Victory sendiri tidak kalah baik dengan Harley-Davidson.

Untuk pasar moge Indonesia, Victory tersedia beberapa pilihan yakni Cross Country Tour, Vision Tour, Cross Country, Cross Road, Cross Road Clasic, High Ball, Hummer S, Vegas, Vegas Jackpot dan 8-Balls hingga keluarga Arlen Ness dengan rentang harganya antara Rp 315 juta sampai Rp 560 juta off the road Jakarta.

Oleh sebagian konsumen berkocek tebal, motor ini pantas dimiliki terlebih penampilannya sangat menjual.
2. KTM Duke 200
img
Dalam jangka waktu 1 bulan, pasar motor Indonesia kembali dikagetkan dengan motor asal Austria KTM. KTM menghadirkan banyak motor di Indonesia salah satu yang paling legendaris adalah KTM Duke 200. Motor Naked itu dibanderol Rp 60 Juta.

Tentu kehadiran KTM Duke 200 menjadi pilihan pecinta motor Naked di Tanah Air. Sejarah mengenai KTM Duke 200, motor ini ini dirakit di pabrik Bajaj Auto India (BAI) di Chakan, India.

Motor ini dipersenjatai dengan mesin 199,5 cc DOHC 1 silinder yang dipadukan dengan transmisi 6 percepatan. Untuk Duke 200 cc diperkuat dengan frame teralis, dan aluminium swing arm yang dikombinasikan dengan suspensi monoshock yang membuat motor tersebut semakin sporty.

Nama kuda besi KTM sudah sangat kuat di mata masyarakat Indonesia sebagai motor sport tangguh.
3. Suzuki Inazuma
img
Tak ingin kalah, Suzuki akhirnya menghadirkan motor sport 250 cc yang dijuluki Inazuma. Motor Inazuma sangat dinanti-nanti oleh banyak penggilan motor tersebut pecinta motor merek Suzuki.

Dihargai Rp 46 juta, motor tersebut diperkuat dengan mesin 2 silinder berkapasitas 250 cc fuel injection yang menghasilkan tenaga 24 PS  pada 8.500 rpm serta torsi pada 22 NM pada 6.500 rpm.

Motor ini diakui sebagai titisan B-king sepertinya ini memang agak panjang. Maka tak pelak Kelebihan dari Inazuma adalah menjadi motor pertama di segmen menengah di Indonesia yang mengadopsi twin muffler guna menunjang performa mesin yang responsif dan tampilan yang macho.

Twin muffler bagian kanan dan kiri telah dilapisi sistem pembuangan dengan arah panel menuju belakang, dilengkapi tutup ujung meruncing serta chrome plating mengkilap dengan desain garis menawan yang memberi kesan powerful dengan suara yang khas.

Suzuki Inazuma memiliki panjang 2.145 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.075 mm dengan wheelbase 1.430 mm.
4. MV Agusta
img
Tidak hanya produsen motor asal AS, Austria dan Jepang yang menggemparkan suasana pasar motor Indonesia. Pabrikan asal Italia yakni MV Agusta juga sukses menggeberak pasar motor Tanah Air.

Motor ini masuk Indonesia pada November 2012 lewat PT Moto Arte Indonesia selaku agen tunggal merek MV Agusta. Tak tanggung-tanggung, Moto Arte Indonesia meluncurkan 3 tipe sekaligus yakni MV Agusta F4 RR, Supersport F3 675, dan Brutale 675.

Harganya? Wow... mulai Rp 245 juta sampai Rp 495 juta on the road Jakarta.

Mesin-mesin yang digendong termasuk besar. Seperti mesin 3 silinder segaris 675 cc yang digendongnya juga membuat torsi masih dapat dinikmati, dan rpm masih dapat mencapai range yang cukup tinggi. Keunggulan lainnya varian ini juga sudah mengusung single sided swingarm, watercooled, DOHC, dan ada opsional EAS system.

Percaya atau tidak, dalam pembuatan 1 unit motor, pihak produsen bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan. Cara tersebut agar hasilnya akhirnya maksimal. Dan bayangkan, saking telitinya para desainer motor tersebut, MV Agusta pernah dinobatkan sebagai motor tercantik tahun ini.
5. Triumph
img
Memasuki bulan terakhir 2012, publik kembali dikejutkan dengan motor legendaris buatan Inggris, Triumph. Kali ini Triumph resmi masuk Indonesia lewat PT Global Motorcycles Trading (GMT) selaku authorized sub-distributor Triumph Motorcycles di Indonesia.

Kehadiran Triumph sebagai pabrikan kawakan ini menambah semarak motor-motor gede di Indonesia. Triumph adalah motor buatan Inggris yang pertama kali muncul tahun 1902.

Di Indonesia Triumph disediakan tipe Boneville T 100 yang dijual Rp 240 juta, Thuruxton yang dijual Rp 245 juta, Speed Triple R ABS dengan Rp 395 juta, Daytona 675 R dengan harga Rp 300 juta, Tiger 800 XC ABS dengan Rp 300 juta, Thunderstrom ABS dengan Rp 395 juta, Rocket III Roadster Rp 445 juta, Tiger Explorer 1200 Rp 425 juta dan Street Triple R Rp 265 juta.

Motor ini mulai diproduksi di Much Park Street, Coventry oleh pria kelahiran Jerman Siegfried Bettman dengan bantuan Chief Engineer Maurice Schulte, yang merancang motor Triumph yang pertama, 2.5 HP dengan 240 cc.
6. Honda CB150R StreetFire
img
Saatnya kembali ke pabrikan Jepang. Honda pada akhirnya melahirkan motor sport yang dinantik pecintanya lewat Honda CB150R StreetFire pada 12 Desember 2012 dengan harga Rp 22,35 Juta.

Motor ini disiapkan untuk menjegal Yamaha V-Ixion yang telah lama menjadi raja pasar motor sport di Indonesia. Yang menariknya, Honda dengan sengaja memilih waktu peluncuran 12/12/2012 dengan alasan mudah diingat tanggal kelahiran Honda CB150R StreetFire.

Honda CB150R StreetFire disokong mesin 150 cc 1 silinder bertenaga maksimum 12,5 kW (17,00 PS) pada 10.000 RPM dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m) pada 8.000 RPM.

Mesinnya disematkan sistem PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Honda CB150R Streetfire diklaim memenuhi standar emisi gas buang Euro2.
7. New Yamaha V-Ixion
img
Dan yang terakhir, motor yang dianggap fenomenal adalah Yamaha V-Ixion. Model barunya membuat menyulut pro dan kontra di antara para penggila motor di Indonesia.

Satu hal yang paling diingat adalah ketika Yamaha mengumumkan keberadaan Yamaha V-Ixion tanpa kick starter. Motor ini menjadi perdebatan hangat di kalangan pecinta motor di Indonesia. Banyak menilai motor sport tanpa starter itu aneh, dan menyusahkan ketika daya baterai aki habis. Di sisi lain, motor sport tanpa komponen itu adalah motor sport canggih.

Nah, di tengah perdebatan itu, Yamaha tiba-tiba mengumumkan peluncuran 2 model V-Ixion ber-kick starter dan tanpa kick starter yang dibanderol mulai Rp 22,4 juta dan Rp 22,6 juta (untuk versi kick starter dijual Rp 22,6 juta dan yang tidak ada kick starter dijual Rp 22,4 juta).

Soal mesin, spesifikasi mesin New V-Ixion ini tidak ada perubahan. Tipe mesinnya tetap mengusung 4-langkah, 4 valve, SOHC, berpendingin cairan dan berkapasitas 150 cc. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 12,2 kW pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 14,5 Nm di 7.500 rpm.

No comments:

Post a Comment