Tuesday, January 8, 2013

6 Landmark Top yang Dijadikan Suvenir

1. Monas, Jakarta

Apa landmark dan ikon Kota Jakarta? Monumen Nasional atau yang dikenal Monas adalah jawabannya. Terletak di pusat kota, Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Di bagian puncaknya terdapat emas seberat 38 kg. Wow!

Monas pun menjadi destinasi menarik bagi warga ibukota atau traveler dari berbagai belahan dunia. Anda bisa jalan-jalan dan berolahraga futsal atau basket di pelatarannya, mempelajari sejarah di bagian dalam Monas yang bernama Museum Sejarah Nasional, mendengar pidato kemerdekaan Bung Karno di Ruang Kemerdekaan, dan juga naik ke bagian puncaknya untuk melihat Jakarta dari ketinggian.

Di dekat pintu-pintu masuk Monas terdapat penjaja suvenir. Selain beragam baju yang menggambarkan kehidupan Jakarta, traveler banyak yang berburu miniatur Monas. Miniatur tersebut terbuat dari kayu dan mirip dengan bentuk aslinya. Hargnya kisaran Rp 20-50 ribu, tergantung Anda menawarnya.

2. Jam Gadang, Bukittinggi

Bukittinggi yang juga menjadi tanah kelahiran Bung Hatta ini merupakan salah satu destinasi favorit di Sumatera Barat. Di sini Anda dapat berkunjung ke destinasi yang menarik, seperti Ngarai Sianok, sebuah lembah cantik dengan hutan yang hijau, Lubang jepang bekas peninggalan penjajahan Jepang, Museum Rumah kelahiran Bung Hatta yang adalah rumah asli beliau lahir dan dibesarkan, dan tentu saja, Jam Gadang.

Tidak sah ke Bukittinggi jika belum datang ke Jam Gadang. Sangat mudah untuk datang ke landmark Bukittinggi ini. Letaknya berada di pusat kota dan Anda bisa naik bendi atau angkot untuk tiba di sana. Jam Gadang dibangun pada tahun 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Sekretaris Kota Bukittinggi saat itu. Atapnya berbentuk runcing seperti Rumah Gadang.

Tidak hanya bisa memandangi saja, tapi Anda bisa membawa 'pulang' jam tersebut. Di sekitar taman di Jam Gadang, di Pasar Lereng, atau di toko-toko suvenir, Anda dapat membeli miniatur Jam Gadang. Harganya berkisar mulai dari Rp 20-100 ribu, tergantung bahannya. Ada yang dari kayu atau bahan lainnya, tinggal pilih sesuai selera.

3. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur adalah candi umat Buddha terbesar di dunia dan menjadi salah satu keajaiban di Indonesia. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Biasanya, traveler yang datang ke Yogya, selalu mampir ke candi ini. Tiket masuknya sekitar Rp 30 ribu saja.

Candi Borobudur dibangun sekitar abad ke-14. Relief-relief di candi ini menggambarkan kehidupan alam semesta. Candi ini juga selalu ramai dikunjungi umat Buddha saat perayaan Waisak. Selain bangunannya yang megah, sunrise di Candi Borobudur juga tidak kalah memesona.

Sempatkan diri Anda untuk membeli suvenir berupa miniatur Candi Borobudur ini. Mudah untuk menemukannya, banyak penjaja suvenir di Candi Borobudur. Baik itu di toko atau pedagang eceran. Harganya kisaran puluhan ribu rupiah. Ukurannya pun beragam, ada yang kecil, sedang, dan besar. Suvenir yang cantik untuk dipajang di rumah.

4. Menara Eiffel, Paris

Siapa yang tidak tahu Menara Eiffel? Menara ini menjulang gagah nan cantik di Paris. Landmark terkenal Perancis ini menjadi magnet bagi traveler untuk datang ke kota cinta ini.

Banyak cara untuk menikmati Menara Eiffel. Anda dapat naik ke puncaknya, bermain di sekitar menara di Taman Champs de Mars yang panjang, atau wara-wiri di kolong Menara Eiffel. Tak sedikit juga traveler yang bermesra-mesraan di sana.

Setelah puas bermain di sini, jangan lupa beli oleh-olehnya. Miniatur Menara Eiffel dapat Anda temukan di banyak toko-toko suvenir atau dari pedagang asongan di Kota Paris, tak sulit untuk menemukannya. Biasanya, harganya berkisar mulai dari 2-25 Euro atau sekitar Rp 25.000-312.000, tergantung besar kecilnya ukuran.

5. Maneken Piss, Brussels

Tahu tentang patung bocah pipis di Eropa? Itu adalah patung Maneken Piss di Brussels, Belgia. Patung ini ada di sudut jalan Rue de Chene dan Rue de l'Etuve, di atas sebuah kolam kecil. Tingginya hanya sekitar 61 cm. Patung ini merupakan landmark di Belgia dan paling terkenal di daratan Eropa.

Anda bisa berfoto sepuasnya dengan patung ini tanpa dipungut biaya. Di sekitar patung ini banyak terdapat toko suvenir yang menjual tiruan Manneken Piss. Harganya mulai dari 5-20 Euro (Rp 62.500-250.000) tergantung ukuran, dengan bahan logam sampai batu. Tertarik membeli?

6. Little Mermaid, Copanhagen

Di Copenhagen, Denmark, Anda dapat melihat patung putri duyung yang sangat terkenal di dunia. Anda mungkin pernah melihatnya di film kartun Walt Disney. Tapi di Copenhagen, patung ini dapat Anda lihat langsung dengan mata kepala sendiri.

Patung ini tingginya 1,25 meter dengan berat 175 kg. Bentuknya berupa putri duyung yang sedang duduk di atas batu. Silakan berfoto sepuasnya tanpa dipungut biaya. Anda pun bisa membawa pulang miniatur putri duyung tersebut. Di Copenhagen, banyak toko suvenir yang menawarkan miniatur ini. Oleh-oleh unik yang hanya ada di Copenhagen.

Itulah 6 landmark top dunia yang dijadikan sebagai suvenir. Siapkan bujet dan daftar orang-orang yang akan Anda berikan suvenir cantik tersebut. Selamat berbelanja!

No comments:

Post a Comment