Sunday, January 20, 2013

12 Metode Diet Ekstrem dari Masa ke Masa

1. 1820
Lord Byron, seorang pujangga asal Inggris ternama di era 1800-an mempopulerkan Diet Cuka dan Air. Metode diet ini mengharuskan pelakunya hanya meminum campuran air dan cuka apel.


2. 1925
Brand rokok Lucky Strike meluncurkan kampanye bertemakan 'Reach for a Lucky instead of a sweet'. Tujuan kampanye ini untuk memberitahukan bahwa nikotin yang terdapat dalam rokok adalah zat penekan nafsu makan yang sangat ampuh. Sebuah konsep diet yang salah dan tentunya bisa membahayakan kesehatan.


3. 1930
Diet Grapefruit, yang juga dikenal dengan Hollywood Diet menyarankan untuk mengonsumsi buah grapefruit (di Indonesia dikenal dengan Jeruk Bali) setiap habis makan agar tubuh langsing. Belum terbukti apakah metode diet ini sukses menurunkan berat badan, tapi cukup populer di era 30-an.


4. 1950
Cabbage Soup Diet dilahirkan pada tahun ini. Menjanjikan berat badan berkurang hingga 10-15 pon dalam seminggu. Caranya, dengan membatasi asupan makan dan hanya mengonsumsi sup kubis setiap hari. Diet ini jelas tidak sehat karena tubuh akan kekurangan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti karbohidrat, lemak dan protein


5. Pertengahan 1950-an
Penyanyi opera Maria Callas berhasil menurunkan 65 pon karena Tapeworm Diet. Yaitu dengan menelan pil yang mengandung parasit dan cacing pita. Metode diet ini sangat berisiko bagi kesehatan karena menggunakan cacing dan parasit untuk 'menggerogoti' usus.


6. 1963
Di tahun ini, Jean Nidetch mendirikan Weight Watchers. Perusahaan yang menawarkan produk-produk dan jasa untuk menurunkan berat badan sekaligus mempertahankan bentuk tubuh yang ideal. Artis Jessica Simpson merupakan duta produk terbaru dari brand yang berbasis di Amerika ini.


7. 1970
The Sleeping Beauty Diet, menggunakan obat penenang dengan asumsi saat orang lebih banyak tidur maka keinginan dan asupan makannya pun akan berkurang. Kabarnya, metode diet aneh ini pernah dicoba oleh Si Raja Rock 'n Roll Elvis Presley.


8. 1975
Seorang dokter di Florida menciptakan Cookie Diet. Yaitu mengonsumsi cookies yang terbuat dari campuran asam amino. Cukup populer di kalangan selebriti Hollywood meskipun belum terbukti keefektifannya.


9. 1987
Dalam buku memoir yang berjudul 'Elizabeth Takes Off', aktris Elizabeth Taylor sempat menyinggung pola dietnya. Dia menyarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran yang dicelup ke dalam saus khusus setiap pukul 15.00.


10. 1992
Pakar diet dan nutrisi Robert C. Atkins menciptakan metode diet tinggi protein, rendah karbohidrat. Cara ini masih cukup populer sampai sekarang dan dikenal dengan sebutan Diet Atkins.


11. 2000
Aktris Gwyneth Paltrow memopulerkan Macrobiotic Diet. Pola makan sangat ketat berasal dari Jepang yang hanya mengonsumsi gandum utuh dan sayuran.


12. 2011
Semakin mendekati masa sekarang, metode diet makin beragam. Salah satu yang terbaru adalah HCG Diet, yang mengombinasikan konsumsi obat penambah kesuburan dengan diet hanya berjumlah 500-800 kalori per hari. Banyak yang tertarik mencoba tapi tak sedikit juga yang mengritik. Dianggap tidak sehat karena orang dewasa memerlukan 2000 kalori per hari, dan hanya boleh berkurang 500 kalori jika ingin langsing.

No comments:

Post a Comment