Thursday, January 10, 2013

Makanan-makanan Ini Punya Kemampuan Mengobati

1. Jahe

Jahe sejak lama diyakini punya kandungan yang bisa meredakan batuk dan demam. Jika Anda sedang batuk cobalah memotong jahe segar dan kulumlah beberapa saat. Teh yang diseduh dengan jahe juga mampu mengatasi demam dan batuk.

2. Madu

Pastikan Anda menyimpan madu di rumah. Sebab madu memiliki kandungan antiseptik. Jika tiba-tiba Anda mengalami luka potong karena pisau atau kulit luka akibat tergores sesuatu segera oleskan madu untuk mengatasinya.

3. Cabai

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang bisa mengalihkan rasa nyeri dalam tubuh. Hal ini terjadi karena bila saraf terangsang capsainin yang memberikan efek terbakar, maka influks rangsang akan menghambat saraf dalam melaporkan rasa nyeri selama kurun waktu tertentu.

Cabai jenis cayenne pepper yang merupakan cabai merah dengan ukuran lebih besar dari cabai rawit diyakini pula bisa meredakan nyeri sendi.

4. Pare

Pare yang memiliki rasa pahit itu punya khasiat mengatur kadar insulin para pengidap diabetes jika dikonsumsi secara reguler. Pare merupakan obat tertua bagi para penderita diabetes.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Bila Anda memiliki kutu di kepala, minyak zaitun bisa Anda manfaatkan. Jadi pijatlah kepala Anda dengan minyak zaitun untuk mengusir kutu yang bisa menyebabkan infeksi kulit kepala itu.

6. Pisang

Pisang dipercaya bisa mengobati kutil yang nekat muncul di kulit. Kandungan kalium yang tinggi pada pisanglah yang dapat mengenyahkan kutil tersebut.

7. Teh Hitam

Kaki yang bau bukanlah masalah kosmetik, tetapi lebih karena gangguan hormonal. Jadi jika Anda mengalami masalah ini rendam saja kaki Anda dalam air teh hitam hangat.

8. Lemon

Lemon bisa meringankan mabuk kendaraan atau saat Anda merasa mual. Bau jeruk lemon yang segar bisa menjadi pengusir mual yang ampuh.

9. Susu

Kulit yang terbakar matahari harus mendapat perhatian serius ketimbang kulit yang hanya menghitam karena matahari. Kulit terbakar terjadi karena sinar matahari membakar lapisan atas kulit. Nah, rasa perih dan kering di kulit karena terbakar matahari bisa diredakan dengan susu dingin.

10. Semangka

Jika seseorang mengalami dehidrasi, maka dia memerlukan banyak cairan. Tambahan cairan bisa didapat dari semangka. Sebab semangka adalah buah yang mengandung air sebanyak hampir 60 persen.

11. Kacang Bendi atau Okra

Kacang bendi atau kacang bendir atau kacang lendir atau okra bisa membantu mengatasi diabetes. Potong ujung-ujung kacang ini lalu rendamlah semalaman. Minum airnya setiap pagi untuk menjaga diabetes tetap di bawah kontrol.

No comments:

Post a Comment