Tuesday, January 22, 2013

'Kejanggalan' Pada Payudara Ini Tak Perlu Dicemaskan

Payudara wanita tersusun atas jaringan lemak dan rentan terkena kanker. Beberapa tandanya adalah muncul benjolan yang mencurigakan. Tapi tak semua benjolan yang muncul lantas dianggap sebagai kanker. Ada beberapa gejala yang aneh tapi sebenarnya tidak berakibat serius.

Menurut penelitian, hanya 15 persen dari benjolan di payudara yang lantas berkembang menjadi kanker. Benjolan yang muncul pun ada beraneka ragam. Tak hanya benjolan, beberapa penampakan yang janggal juga bisa muncul, namun tidak berakibat serius. Sayangnya para wanita seringkali cemas apabila menemui kelainan ini.

Beberapa penampakan yang terkesan janggal tersebut antara lain:

1. Tumbuh rambut di sekitar puting
Mirip seperti pria yang ditumbuhi bulu di dadanya, wanita juga bisa ditumbuhi bulu. Hanya saja tumbuhnya di dekat puting payudara. Pertumbuhan ini rambut ini sebenarnya normal. Tingkat pertumbuhannya juga beragam.

"Ada bentuknya halus, ada pula yang berwarna hitam lebat. Area ini bisa dibersihkan dengan alkohol, mencabuti setiap bulu dan membersihlkannya lagi dengan lotion anti bakteri untuk mencegah infeksi," kata Dr Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa SpKK, dokter kulit dari RS Sanglah Denpasar kepada detikHealth seperti ditulis, Senin (14/1/2013).

Dr Laksmi menuturkan bahwa pertumbuhan rambut halus ini dipengaruhi oleh hormon testosteron. Kadar hormon tersebut dalam tubuh dapat memicu tumbuhnya rambut halus yang lebih banyak.Sedangkan penyebab umum kadar hormon yang tinggi adalah faktor genetik.

2. Puting rata atau hilang
Terkadang ada wanita yang puting payudaranya hilang, rata atau malah melesak ke dalam. Fenomena ini disebut inverted nipple dan bisa dialami oleh sekitar 10 - 20 persen wanita. Ini sebenarnya merupakan variasi bentuk puting yang terjadi saat proses pembentukan. Biasanya tak ada masalah yang muncul, kecuali waktu menyusui bayi.

"Jika masuknya tidak terlalu dalam, maka ketika saat menyusui bisa keluar karena desakan kelenjar susu yang berkembang. Bisa juga dengan melakukan perawatan mengeluarkan atau menonjolkan puting susunya. Tapi kalau dalam sekali, akan sulit muncul saat menyusui. Untuk hal ini sebaiknya dikonsulkan ke dokter, mungkin perlu tindakan operasi," kata dr Laksmi.

3. Benjolan kecil di dekat puting
Benjolan kecil di dekat areola payudara dan puting disebut dengan kelenjar montgomery. Kelenjar ini adalah kelenjar sebasea, yaitu kelenjar yang mengandung lemak. Kelenjar ini membuat sekresi menjadi berminyak yang berguna untuk menjaga areola dan puting selalu terlumasi dan terlindungi dari kekeringan serta bakteri.

"Jumlah kelenjar ini pada manusia bervariasi dari 4 sampai 28 buah tiap payudara. Bintil ini berfungsi memproduksi pelumas dan zat pelindung, mengubah pH kulit serta menghambat pertumbuhan bakteri. Kelenjar ini juga mengeluarkan sejumlah kecil susu," terang dr Laksmi.

No comments:

Post a Comment