Friday, January 11, 2013

5 Presiden AS Paling Kaya Raya


George Washington
Washington adalah Presiden Pertama AS yang lahir di keluarga kaya dengan kepemilikan lahan yang luas. Rumahnya, di Mount Vernon Virginia punya luas hingga ribuan hektar, ia pun menguasai lahan di bagian barat Virginia. Nilainya diperkirakan sekitar US$ 500 juta (Rp 4,75 triliun), namun sebagian besar tidak dicairkan. Namun, lahan tersebut memberikannya kekayaan dan lahan produktif untuk menggerakan sebuah pendapatan yang berlebih.
Thomas Jefferson
Jefferson merupakan Presiden Amerika Serikat ke-3, mulai menjabat pada tahun 1801 dan dianggap sebagai salah satu founding father dari negara AS sendiri. Kekayaan bersihnya diperkirakan setengah dari kekayaan Washington, yakni sekitar lebih dari US$ 200 juta, tapi nilai itu cukup untuk menjadikannya sebagai Presiden AS terkaya ke-2.
Hampir sama dengan Washington, kekayaan Jefferson didapat dari kepemilikan lahan di bagian selatan Virginia. Rumahnya, yang dikenal sebagai Monticello dan seperti halnya Mount Vernon, saat ini keberadaannya menjadi situs sejarah yang sering dikunjungi turis. Total area-nya diperkirakan mencapai 5000 hektar.
Theodore Roosevelt


Meloncat seabad untuk mengetahui Presiden Amerika Serikat ke-26 pada tahun 1901, Theodore Roosevelt. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 125 juta yang berasal dari kekayaan keluarganya. Kepemilikan lahannya, dikatakan mulai dari daerah di Dakota dan ratusan hektar menuju Long Island, dekat ke tempat di mana ia dibesarkan yakni New York.
Andrew Jackson
Mundur lebih dari 7 dekade ke belakang, posisi ke-4 ditempati Andres Jackson yang pernah menjabat sebagai Presiden AS ke-7, pada tahun 1829. Lagi-lagi, lahan dan tanah merupakan sumber kekayaan para presiden terkaya ini. Hal itu berkontribusi untuk kekayaan bersih yang dimiliki Jakson yang diperkirakan mencapai US$ 120 juta. Lahan tersebut berada di dekat Nashville, Tennesse, dan tempat tinggalnya saat ini dikenal sebagai tempat pertapaan.
James Madison


Kembali ke tahun tahun awal, dan ke Virginia, salah satu founding father AS yang lain, James Madison yang menjabat sebagai Presiden AS ke-4 pada tahun 1809. Tempat tinggalnya adalah Montpelier dan mencakup 5.000 hektar lahan dengan perkiraan nilainya sebesar US$ 100 juta.

No comments:

Post a Comment