Thursday, January 10, 2013

Ketahui Tanda Fisik Kerusakan Hati


Hati merupakan organ terbesar dan melakukan banyak fungsi bagi tubuh.

Di dalam hati juga terjadi proses-proses penting bagi kehidupan. Hati mengatur komposisi lemak, gula dan protein dalam darah, serta membuang racun dari darah untuk kemudian dikeluarkan melalui feses dan empedu.

Jika bisa dibayangkan akibat yang akan timbul apabila terjadi kerusakan pada hati. Anda bisa mendeteksi kerusakan hati dari beberapa sinyal peringatan yang diberikan tubuh. Simak penjelasannya berikut, seperti dilansir dari Boldsky (10/1).
Perubahan warna kulit, seperti kulit kehilangan pigmentasi dan timbul bercak putih di kulit, yang disebut bintik-bintik hati.
Masalah pencernaan. Gangguan pencernaan ringan juga menjadi sinyal adanya masalah organ hati. Waspadai juga jika tubuh tak mampu mencerna air, kemungkinan hati Anda mengandung banyak lemak.
Bau mulut. Kinerja hati yang berfungsi tidak baik bisa dideteksi melalui bau mulut. Penyebabnya, jumlah amonia yang berlebihan yang diproduksi dalam tubuh.
Lingkaran mata. Lingkaran gelap di atas dan bawah mata bisa menandakan kerusakan hati. Jadi, jangan berpikir lingkaran hitam mata hanya tanda-tanda kelelahan.
Perut terlihat buncit. Ini karena pembengkakan di bawah tulang rusuk kanan bawah akibat adanya infeksi dan kerusakan hati. Hal ini juga mengakibatkan tekanan berat pada diagfragma yang menimbulkan rasa sakit saat bernapas.
Urin dan tinja gelap. Perubahan warna keduanya seringkali dikaitkan dengan dehidrasi. Tapi jika Anda selalu mengalami kondisi ini, mungkin ada yang salah pada hati Anda.
Mata menguning. Ketika bagian putih mata menjadi kuning atau kuku Anda terlihat kuning, Anda harus segera mendapat perawatan. Ini adalah tanda penyakit kuning.
Mulut terasa pahit. Rasa pahit di mulut kerap dialami penderita penyakit hati. Liver menghasilkan enzim yang disebut empedu. Jadi jika Anda merasakan pahit di mulut, Anda mungkin merasakan empedu.

No comments:

Post a Comment