Sunday, January 20, 2013

'Monster Sungai' Bisa Dicari di 10 Tempat Ini

Memancing ikan di sungai mungkin biasa dilakukan wisatawan. Tapi hati-hati, kalau memancing di 10 sungai ini, bisa-bisa Anda menemukan 'monster' seperti ikan raksasa bergigi runcing!

Bagi sebagian orang, memancing bukan sekadar hobi yang disalurkan di kolam pemancingan, laut atau sungai. Mereka juga tertantang traveling ke beberapa negara untuk menangkap ikan endemik di sana.

Hal inilah yang dilakukan seorang traveler, penulis, pembawa acara, sekaligus pemancing kawakan, Jeremy Wade. Sebagai pembawa acara serial dokumenter berjudul "River Monster", ia berhasil mengunjungi beberapa sungai di dunia yang menakjubkan.

Ya, disebut menakjubkan karena ia tidak hanya menemukan ikan endemik, tapi juga ikan berukuran jumbo dan karnivora. Diintip dari CNN Travel, Jumat (11/1/2013) inilah 10 sungai di dunia yang dihuni 'monster sungai' seperti ikan berukuran raksasa dan ikan karnivora:

1. Sungai Kongo, Republik Kongo

Tempat pertama yang dihuni ikan berukuran raksasa adalah Sungai Kongo di Republik Kongo.

"Bayangkan ikan jenis goliath tigerfish bisa tumbuh hingga 100 pound (45 kg). Goliath tigerfish memiliki gigi yang tajam seperti piranha, tapi mereka tumbuh dengan ukuran manusia. Ikan yang tertangkap kamera ini memiliki gigi yang panjangnya sama seperti milik hiu putih besar," kata Wade.

2. Sungai Teles Pires, Brasil

Tele Pires di Brasil adalah salah satu tempat yang kaya dengan keanekaragam hewan dan tumbuhan, termasuk berbagai spesies ikan lele. Jangan bayangkan ikan lele yang ada di sini seperti yang biasa Anda lihat. Ikan lele penghuni Sungai Teles Pires berukuran raksasa. Untuk menangkapnya, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra karena arus di sungai ini begitu kencang.

3. Sungai Okavango, Botswana

Hampir 100 jenis ikan dan 150 amfibi dan reptil hidup di sekitar Sungai Okavango.

"Di sini, tigerfish bisa berukuran lebih dari 10 pound atau 4,5 kg," kata Wade.

4. Sungai Ebro, Spanyol

Nutrisi melimpah dan air yang hangat di Sungai Ebro membuat ikan lele bisa tumbuh dengan baik, bahkan hingga berukuran jumbo. Ikan lele di sungai ini bisa tumbuh hingga 200 pound atau 90 kg.

5. Sungai Trinity, Texas, AS

Traveling dan memancing di Sungai Trinity bisa mempertemukan Anda dengan ikan air tawar terbesar, dan satu-satunya di Amerika Utara, yaitu alligator gar. Ikan raksasa ini bisa berukuran hingga 200 pound atau 90 kg!

6. Sungai Mae Klong, Thailand

Sungai Mae Klong dihuni oleh ikan whipray raksasa, salah satu jenis pari air tawar. Ikan ini hidup di Sungai Mae Klong di Barat Thailand.

"Whipray raksasa hidup di sini karena penduduk lokal membiarkannya. Diperlukan alat kuat dan besar untuk mengangkutnya, dan juga ada anggapan yang mengatakan ikan ini membawa nasib buruk," jelas Wade.

7. Sungai Delger Muron, Mongolia

Taimen adalah salah satu ikan yang masuk dalam keluarga salmon. Mereka hidup di Mongolia, tepatnya Sungai Delger Muron. Taimen memiliki gigi yang tajam, biasanya digunakan untuk menyerang bebek atau tikus yang sedang berenang.

8. Sungai Nil, Uganda

Sungai Nil di Uganda atau yang biasa dikenal Nil Victoria dihuni oleh ikan kakap putih berukuran sampai 100 pound atau 45 kg.

"Di Taman Nasional Murchison Falls, sungai dilindungi dari penangkapan ikan komersial," kata Wade.

9. Sungai Columbia, Oregon dan Washington, AS

Sungai Columbia yang berada di perbatasan negara bagian Oregon dan Washington di AS ini, dihuni oleh white sturgeon atau jenis ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Bayangkan, ikan ini bisa berukuran sampai 300 pound atau 136 kg.

10. Sungai Ramganga, India

Sungai Ramganga di India menjadi sungai terakhir yang dihuni ikan monster. Anda bisa menemukan ikan lele raksasa alias groonch catfish dan ikan emas golden mahseer dengan ukuran besar. Untuk groonch catfish, Wade berhasil menemukan ikan ini yang saking besarnya harus diangkat tiga orang. Bisa dibayangkan sebesar apa?

No comments:

Post a Comment