Friday, November 23, 2012

5 Makanan Super Favorit!


Kenali beberapa Makanan Super yang kaya akan fitonutrisi sehingga mampu menjaga kesehatan Anda sehari-hari. Sisipkan satu dari 5 makanan super berikut dalam menu sehari-hari Anda. “Selain mengandung vitamin, makanan super berikut juga mengandung nutrisi dan mineral yang dipercaya memiliki pengaruh kuat menjaga kesehatan, mencegah penyakit dan membuat Anda panjang umur,” papar Donna M. DeCunzo-Taddeo  seorang ahli diet, pencetus program Manajemen Berat Badan dalam 12 Minggu serta pendiri the eDiets.com . Dan, berikut beberapa makanan super menurut Donna :
1.  Ikan Salmon
Salmon kaya akan lemak  omega-3  yang terbukti mampu menurunkan risiko penggumpalan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (sehingga mampu mencegah penyakit jantung). Omega 3 juga membantu  meningkatkan kadar serotonin sehingga dapat menurunkan risiko depresi (termasuk depresi pasca melahirkan, Red.) dan  kehilangan memori.
2.  Bayam
Selain sebagai sumber  folat (bagian dari vitamin B) yang baik, penelitian menunjukkan  jika bayam juga mampu mencegah  cacat lahir, penyakit jantung, demensia dan kanker usus besar.
Selain itu, bayam juga sumber lutein yang mampu mencegah macular degeneration  (semacam kemunduran penglihatan) juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Lutein juga melindungi lemak di lapisan atas kulit, mencegah dehidrasi, mencegah kulit menjadi kasar, dan mengurangi risiko keriput dari waktu ke waktu.
Bayam juga merupakan sumber vitaminK yang baik, merupakan nutrisi esensial bagi perkembangan tulang.
3.  Beri-berian
Seporsi buah beri kaya akan antioksidan yang membantu mempertahankan diri terhadap oksidasi,peradangan, dan faktor-faktor penyakit akibat penuaan. Buah beri juga mengandung asam ellagic, menambahkan strawberry dalam menu sehari-hari juga dapat menurunkan risiko tumor hingga 58%.
Blueberry dan Cranberry juga dapat mencegah infeksi saluran kemih (biasanya banyak diderita wanita). Kue tart cherry juga mengandung sejumlah  melatonin sehingga dapat membantu Anda tidur lebih pulas.
4.  Ubi Jalar
Ubi jalar kaya akan beta karoten,  yang mampu menurunkan risiko kanker, meningkatkan pertahanan tubuh melawan flu dan infeksi,  serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 
Ubi jalar juga kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk mengubah homosistein (semacam hasil proses kimia metilasi dalam sel, Red.) menjadi molekul jinak lain. Kadar homosistein tinggi kerap dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke. Konsumsi vitamin B6 dianggap ide yang baik bagi pemeliharaan kesehatan.
5.  Oatmeal Biasa
Oatmeal bukan  hanya  membantu  menjaga berat badan ideal, namun juga membantu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, risiko diabetes serta risiko penyakit jantung. Oat kaya akan nutrisi juga kaya akan serat mudah larut yang berguna untuk melawan kolesterol.
Dalam beberapa hal, oat juga dapat membantu mengatasi sembelit, sindrom gangguan pencernaan (irritable bowel syndrome ), wasir hingga penyakit yang mengancam jiwa seperti kanker usus dan jantung koroner.  Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah bahwa makanan yang kaya serat dapat membantu  menurunkan kolesterol.  Dan begitupula oat, mampu menurunkan risiko kolesterol.
Khasiat  oat  terbaik didapat dari oat yang disajikan secara konvensional, daripada oat-seketika dan oat instan.

No comments:

Post a Comment