Saturday, November 10, 2012

Ini Dia Lima Orang Terkaya Sejagad Raya


Bloomberg Market Magazine telah merilis 200 orang-orang tajir sejagad raya. Orang paling tajir sejagad raya ini berasal dari Meksiko dengan total kekayaan hingga US$ 77,5 miliar. Siapakah dia?

Dilansir dari Bloomberg Market Magazine, Jumat (9/11/2012), ternyata banyak hal yang cukup menarik. Kekayaan para miliuner ini banyak perubahan. Sebut saja pendiriFacebook, Mark Zuckerberg yang tidak bisa ditemui dari 5 besar peringkat 200 orang terkaya di dunia ini.

Kawasan Asia menyumbang 42 orang yang masuk jajaran tersebut. Adalah Li Ka-Shing seorang pengusaha Asia yang berhasil bertengger di peringkat 13 orang terkaya dunia versi Bloomberg Market Magazine. Hal ini menjadikan taipan asal Hong Kong tersebut menjadi orang terkaya di Asia.

India berhasil menyumbang orang terkaya paling banyak di jajaran tersebut dengan 10 nama. Sedangkan China sendiri memiliki 5 orang yang masuk jajaran tersebut. Sebut saja Zong Qinghou yang memiliki Hangzou Wahaha Group, Wang Jianlin dengan Dalian Wanda Group, Robin Li dengan perusahaan Baidu-nya.

Taipan asal Hong Kong Robert Kuok juga masuk dalam jajaran tersebut. Sementara Filipina mempunyai Henry Sy. Wakil dari negeri gajah alias Thailand mengirimkan sebuah nama yakni Charoen Sirivadhanabhakdi dan dari Singapura yakni Wee Cho Yaw yang merupakan Bos United Overseas bank. Indonesia juga mengirimkan 3 nama orang paling tajir se-tanah air.

Sebenarnya siapa sajakah yang masuk dalam 5 besar orang-orang terkaya versi Bloomberg Market Magazine?

1. Carlos Slim Helu

Ini dia orang terkaya sejagad raya. Dengan kekayaan US$ 77,5 miliar, Carlos Slim Helu si Taipan Telekomunikasi ini menjadi nomor satu.
Pria asal Meksiko ini dikabarkan mulai merambah bisnis semen di tahun 2013. Hal ini dilakukan melalui perusahaan baru miliknya, Cementos Fortaleza.

Kekayaan Carlos bertambah US$ 15,6 miliar selama 10 bulan belakangan. Carlos menjadi satu-satunya orang yang mampu mengalahkan Bill Gates yang telah bertahan selama 19 tahun menjadi manusia terkaya di dunia.

2. Bill Gates

Kekayaan Bill Gates si Microsoft saat ini mencapai US$ 64,4 miliar. Pria asal AS ini kekayaannya mengalami kenaikan dalam 10 bulan terakhir hingga US$ 8,7 miliar.

Majalah Forbes juga memberitakan Bill Gates pernah menduduki peringkat pertama orang terkaya AS selama 19 tahun berturut-turut, dengan jumlah kekayaan US$ 66 miliar atau Rp 594 triliun, naik US$ 7 miliar ataiu Rp 63 triliun sepanjang 2011 lalu.

3. Amancio Ortega

Pemilik brand Zara Amancio Ortega berhasil menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Ortega menyalib kekayaan sang legenda AS Warren Buffet.

Kekayaan sang maestro ritel asal Spanyol ini meningkat 32% tahun ini mencapai US$ 53,6 miliar.

Hal ini terjadi di saat negaranya tengah mengalami resesi di mana pengangguran penduduk mencapai 20% dan pemerintah Spanyol sendiri tengah meminta bailout internasional. Ortega kini berusia 76 tahun dan berkebangsaan Spanyol.

4. Warren Buffet

Pendiri perusahaan Berkshire Hathaway ini memiliki kekayaan hingga US$ 48,4 miliar. Kekayaan Warren Buffet bertambah US$ 5,7 miliar selama 10 bulan belakangan ini. Pria berusia 82 ini berkebangsaan Amerika Serikat.

5. Ingvar Kamprad

Ingvar memiliki ritel terbesar sedunia yakni IKEA. Pria berkebangsaan Swedia ini memiliki kekayaan hingga US$ 41,8 miliar. Kekayaannya bertambah 13,7% sejak Januari 2012 hingga Oktober 2012 kemarin.
Pria berumur 86 ini berada di peringkat 5 dari 200 orang terkaya versi Bloomber Market Magazine. [yy/detikFinance]

No comments:

Post a Comment