Thursday, November 1, 2012

5 Musisi dengan Penjualan CD Terlaris dalam 30 Tahun Terakhir

CD atau Compact Disc pertama kali dikenalkan ke dunia pada 1982. Jepang jadi negara pertama yang memperkenalkannya.

Lewat CD, para musisi berusaha menjual hasil karya musik mereka. NME merilis 30 daftar musisi dengan penjualan CD terbesar dalam 30 tahun terakhir. Ini dia lima musisi yang menempati urutan teratas.


1. ABBA - 'Gold'
Album 'Gold' merupakan kumpulan lagu-lagu hits terbaik sepanjang karier band asal Swedia itu. Total penjualan CD ini mencapai 4 juta kopi. Berisi 19 lagu, album ini dirilis pada 21 September 1992.









2. Adele - '21'
Album kedua milik penyanyi beraliran jazz dan soul Adele laris manis di tengah menurunnya penjualan fisik CD di seluruh dunia. Album ini berhasil membukukan penjualan 3,6 juta kopi.

Dirilis pada 2011 lalu, album ini berisi lagu-lagu yang bercerita tentang kemarahan, dendam, patah hati, ujian diri, dan pengampunan. Contohnya single 'Someone Like You', 'Set Fire to the Rain', ataupun 'One And Only'.

Dari segi musik pun sesuatu yang beda coba ditawarkan oleh penyanyi asal Tottenham, Inggris, itu. Mulai dari musik klasik, kontemporer, hingga country jadi bumbu nikmat untuk didengarkan.

Sebanyak 6 penghargaan Grammy Awards 2012 disabet Adele melalui album tersebut.

3. Oasis - '(What's The Story) Morning Glory?
Band rock asal Inggris ini meretas asa lewat album kedua yang dirilis pada 1995. Album ini terjual 3,4 juta kopi.

Aksi band yang digawangi oleh Liam Gallagher cs ini benar-benar fenomenal di seluruh dunia. Hampir mendekati sempurna untuk menciptakan rekor dari band rock tersebut.
Komposisi musik yang ditawarkan oleh Oasis juga terbilang hebat. 

Lebih fokus dalam nuansa balada yang menekankan pada chorus serta instrumen yang lebih bervariasi. 'Wonderwall', 'Don't Look Back In Anger', dan 'Morning Glory' jadi hits single dari album tersebut.


4. Amy Winehouse - 'Back to Black'
Album ini dirilis pada 2006 dibawah label Island Records. Album kedua mendiang penyanyi asal Inggris ini menggabungkan beberapa jenis musik. Gaya soul dan R&B modern disatukan dengan lirik subjektif yang menyangkut soal hubungan dan merefleksikan pengalamannya dengan minuman keras, seks, dan obat-obatan terlarang.

Single 'Rehab', 'You Know I'm No Good', 'Back to Black', dan 'Love Is a Losing Game' jadi jagoan dari album yang CD-nya terjual 3,2 juta kopi ini.



No comments:

Post a Comment