Thursday, November 1, 2012

Ketika Bingung Memilih iPad Mini atau Nexus 7

Pasar tablet 7 inch semakin ramai dengan kehadiran iPad Mini. Sebelumnya, Google juga mengeluarkan tablet serupa, Nexus 7. Dengan harga yang tak jauh beda dan nama besar keduanya, konsumen yang mempunyai niat membeli kadang dibuat bingung dengan pilihan ini.

Apple membanderol iPad Mini dengan internal storage 16 GB versi WiFi sebesar USD 329. Sedangkan Nexus 7 yang dibuat Asus dengan versi yang sama akan dijual di Indonesia dengan harga USD 309.

Nah, bila Anda sebagai calon pembeli dan bingung memilih antara iPad Mini atau Nexus 7? Simak tips berikut, yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (25/10/2012).

1. Tablet Ngegame

Banyak developer yang menyediakan aplikasi game menarik di platform iOS dan Android. Melihat fungsionalitas dan aplikasi yang ditawarkan, tak jarang tablet digunakan sebagai alat bermain game.

Bila fungsi utama tablet digunakan untuk 'membunuh waktu' dengan bermain game, maka pilihan yang tepat adalah iPad Mini.

Memang, iPad Mini adalah ukuran baru dari keluarga tablet Apple.
Tapi siapa yang menyangsikan ekosistem Apple di App Store? Apalagi faktanya dari 700 ribu lebih aplikasi yang beredar, 250 ribu di antaranya ditujukan khusus untuk iPad.

2. Konektivitas Aplikasi

Tablet dimiliki sebagian orang yang ingin selalu terhubung dengan segala aktivitas pekerjaan, seolah memiliki komputer yang simpel.
Tablet mempunyai standar aplikasi baik untuk jejaring sosial, produktifitas dan lainnya.

Jika fungsi tablet 7 inch untuk tetap terhubung adalah prioritas Anda maka Nexus 7 disarankan untuk dimiliki. Apalagi jika Anda punya smartphone Android, Nexus adalah pilihan yang lebih baik.

Salah satu keunggulannya Nexus 7 ini adalah, semua aplikasi yang sudah dibeli untuk digunakan di ponsel Android dapat diunduh lagi secara gratis untuk digunakan pada tablet.

3. Selisih Harga Jadi Masalah?

iPad Mini dengan versi 16 GB WiFi dijual sekitar Rp 3,1 jutaan sedangkan Nexus 7 dihargai USD 309 atau sekitar Rp 2,9 jutaan. Bila Anda seorang yang memuja kecepatan maka tablet Google adalah pilihannya.

Nexus 7 sendiri mempunyai layar 7 inch dengan resolusi 1280 x 800 yang dilengkapi dengan prosesor quad core Nvidia Tegra 3. Ini termasuk sistem operasi Android Jelly Bean.

Sedangkan iPad Mini, dengan layar 7,9 inch dipasangkan prosesor A5 dual core. Termasuk sistem operasi iOS 6. Bila desain dan layar lega hal utama, iPad Mini bisa jadi prospek yang bagus untuk dibeli.

4. Tablet untuk eBook

Tak bisa dipungkiri, kehadiran tablet membuat media massa cetak atau penerbit buku yang 'kehabisan nafas' mempunyai peluang bertahan hidup dengan berimigrasi ke online. Maka tablet pun bisa berfungsi sebagai eBook.

Bila tablet berfungsi untuk membaca sebagai pengganti media konvensional, maka kedua tablet ini layak untuk dibeli. Ya, baik iPad Mini ataupun Nexus 7 sama baiknya.

Pasalnya keduanya menyediakan aplikasi toko buku dan membaca buku sama baiknya. Tinggal masalah selera yang menjadi pertimbangan.



No comments:

Post a Comment