Thursday, November 8, 2012

Ini yang Harus Dilakukan Jika Terjepit Eskalator

Saat ini rasanya makin marak ditemukan kasus anak yang terjepit di eskalator, baik di mal atau gedung lainnya. Jika hal ini terjadi, pertolongan pertama apa yang sebaiknya diberikan?

Hari Selasa (30/10/2012) lalu seorang anak terjepit kakinya di eskalator Pusat Grosir Metro Tanah Abang. Kejadian ini cukup menyita banyak perhatian karena bukanlah yang pertama terjadi, tapi tetap saja masyarakat bingung bagaimana harus menolongnya.

"Yang pertama dilakukan untuk melepas jepitannya adalah dengan menghentikan mesin atau eskalator terlebih dahulu," ujar Pakar kesehatan kerja dari Universitas Indonesia, Dr dr Astrid W Sulistomo, MPH, SpOk (spesialis okupansi atau spesialis kesehatan dan keselamatan kerja).

Dr Astrid menuturkan seharusnya adalah memanggil teknisi untuk menghentikan atau memundurkan eskalator. Tapi ia tidak tahu bagaimana dengan kondisi yang ada di Indonesia, apakah satpam yang ada di mal tersebut dilatih untuk itu atau tidak.

"Paling nggak satpam-satpam ini harus dilatih mengenai bagaimana pertolongan pertama kalau ada yang terjepit di eskalator. Misalnya dengan menyediakan alarm atau menghubungi nomor tertentu," ungkapnya.

Kejadian kaki terjepit saat menggunakan eskalator disebabkan oleh karena jarak atau rongga antara 2 tangga menjadi sempit, sehingga mau tidak mau pertolongan pertamanya adalah dengan melonggarkan jarak tersebut, seperti memundurkan tangga eskalator.

"Idealnya kalau ada yang terjepit itu jangan ditarik karena bisa putus. Tapi ini harus dilihat dulu situasi dan kondisinya seperti apa," ujar Dr Astrid.

Dr Astrid menjelaskan kalau baru sepatunya yang terjepit bisa langsung ditarik agar kakinya tidak terkena. Tapi kalau sudah terkena kaki dan eskalator masih terus jalan bisa ditarik agar tidak semakin banyak yang masuk ke dalam, meski ada kemungkinan terputus.

Selain itu, orang tua sebaiknya tetap tenang dan jangan terlalu panik, sehingga bisa memberikan pertolongan yang tepat. Serta diharapkan petugas di dalam gedung tersebut telah dilatih mengenai apa yang sebaiknya dilakukan jika ada yang terjepit eskalator.

"Selalu perhatikan langkah saat naik atau turun menggunakan eskalator, perhatikan kakinya menginjak di mana, sebaiknya kaki terletak di tengah atau jangan terlalu maju atau mundur," tutur Dr Astrid.

(sumber (detikhealth)

No comments:

Post a Comment