Thursday, November 1, 2012

5 Produser Musik Terbaik Sepanjang Masa

Di balik kesuksesan musisi, ada tangan dingin seorang produser. Produser band mengurusi materi untuk sebuah album, mengatur proses produksi rekaman, dan mengumpulkan ide-ide untuk menghasilkan karya terbaik seorang musisi. Berikut 5 produser musik terbaik versi NME:


1. Joe Meek
Pemilik nama asli Robert George Meek itu lahir pada 5 April 1929. Ia bekerja sebagi produser dan penulis lagu.

Salah satu hits terbaiknya yang pernah ada berjudul 'Telstar' yang mencapai No. 1 di US Hot 100. Single itu populer saat ia memproduseri band The Tornados.

Sepanjang kariernya sebagai produser, Joe sudah menciptakan 245 single, dengan 45 di antaranya sukses besar. Menariknya, pria asal Inggris itu tidak mampu memainkan alat musik atau menulis notasi nada, tapi ia difasilitasi dengan peralatan yang luar biasa untuk produksi rekamannya.

Kesuksesannya hanya berlangsung sebentar karena Joe terlibat banyak utang hingga depresi. Ia pun bunuh diri dengan senapan.

2. George Martin
Siapa yang tak kenal dengan band legendaris The Beatles? Di balik kesuksesan besarnya di dunia musik internasional, keempat personel itu mendapatkan bantuan dari George Martin dan Brian Epstein.

Khusus menyorot George, mungkin ia bisa dibilang sebagai 'personel kelima' karena hampir semua rekaman lagu The Beatles hasil tangan dinginnya. Orkestra dan instrumentasi dari para anggota band asal Liverpool itu ia satukan.

Hits terbesarnya antara lain 'Yesterday', 'Eleanor Rigby', dan 'Strawberry Fields Forever'. Tak hanya berjasa bagi The Beatles, George juga berkontribusi dalam musik James Bond. 

Untuk mengakui jasa-jasanya bagi industri musik dan budaya populer, pria kelahiran 3 Januari 1926 itu dianugerahi gelar Commander of the British Empire.

3. Quincy Jones
Nama Quincy Jones terkenal lewat aksinya mengubah Michael Jackson menjadi 'King of Pop'. Kariernya merentang selama lima dasawarsa (50 tahun) dalam industri hiburan tak hanya jadi produser tapi juga pemusik.

Pria kelahiran 14 Maret 1933 itu tercatat masuk 79 nominasi Grammy Awards. Rekor luar biasa yang ia ciptakan ialah menjual lebih dari 110 juta kopi di seluruh dunia untuk album Michael Jackson bertajuk 'Thriller'.

Quincy juga memproduseri musisi George Benson. Ia menjadi anggota kehormatan Dewan Direksi dari Jazz Foundation of America. Pada 1991, Quincy masuk ke Grammy Legend Awards.

4. Nile Rodgers
Nile Rodgers awalnya adalah seorang gitaris dari band Chic. Setelah meraih kesuksesan di band, ia merambah dunia produser.

Musisi David Bowie merasakan tangan dingin dari Nile lewat album 'Let's Dance' yang menghasilkan hits besar seperti 'China Girl' dan 'Modern Love'.

Selanjutnya pria berambut gimbal itu menjadi komposer di album Madonna 'Like A Virgin'. Ia juga berperan di balik kesuksesan Mick Jagger.

Pada Januari 2011, Nile mengungkapkan di website pribadinya bahwa ia mengidap penyakit kanker. Penyakit itu didiagnosa oleh dokter pada Oktober 2010.

5. Phil Spector
Pria asal Amerika Serikat itu terkenal berkat memproduseri grup musik cewek ternama The Ronettes dan The Crystals. Setelahnya Phil juga bekerja untuk John Lennon, George Harrison, dan Ramones.

Pada 1989, Phil dinobatkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai non-performer. Ia juga menggagas Wall of Sound yaitu suatu teknik produksi dengan berlapis efek.

Saat ini, Phil tengah berada dalam dekapan kurungan besi. Ia dipenjara setelah melakukan pembunuhan terhadap aktris Lana Clarkson.

No comments:

Post a Comment