Thursday, November 1, 2012

Fenomena-fenomena Aneh pada Bayi & Anak-anak

Segala hal bisa terjadi jika Tuhan berkehendak. Nah, dari sekian banyak kelahiran yang terjadi di dunia ini, terdapat sejumlah fenomena ataupun penyakit aneh pada bayi maupun anak-anak.

Penemuan baru di bidang medis tentu diharapkan agar fenomena dan penyakit aneh itu kian berkurang. Berikut ini beberapa fenomena maupun penyakit aneh yang dialami bayi dan anak-anak, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Bayi dengan Tambahan Penis di Punggung
Seorang bayi di Provinsi Henan, China, lahir dengan tambahan penis di punggungnya. Ayah si bayi, Li Jun, pun bergegas membawa puteranya ke RS Anak Tianjin untuk dioperasi.

Kondisi yang dialami bayi tersebut disebut fetus in fetu (FIF). Ditengarai ada lebih dari 100 kasus FIF yang terjadi. Diperkirakan kasus ini hanya terjadi satu dari 500.000 kelahiran.





2. Bayi yang Lupa Bernapas
Di umurnya yang baru 9 bulan, Joshua Herron sudah 19 kali lupa bernapas saat sedang tertidur. Sang ibu pun tak henti-hentinya mengingatkan Joshua untuk bernapas.

Joshua mengalami gangguan pernafasan sejak  lahir. Para dokter di Mercy Hospital Australia menemukan kadar laktat tak normal di tubuh bayi tersebut. Ditengarai, dia mengalami ketidakmatangan otak dan pusat pernafasan ketika masih berada di dalam kandungan.





3. Gadis Kecil yang Bisa Mati Jika Makan Es Krim
Priscilla Pomerantz sejak umur 7 tahun tidak bisa bersentuhan dengan benda-benda yang suhunya di bawah 20 derajat Celcius, tak terkecuali es krim. Sebab benda-benda dingin bisa menjadi pembunuh baginya.

Priscilla mengalami Cold Urticaria. Jika dipaksa bersentuhan dengan benda-benda dingin, maka bocah asal New York itu akan merasa gatal-gatal yang tak tertahankan di sekujur tubuhnya. Parahnya, dia bahkan bisa berhenti bernapas. Kala itu dokter menyebut peluang sembuh Priscilla hanya 11 persen




4. Bocah yang Menjadi Cepat Tua
Usianya masih belia, namun penampilannya seolah 8 tahun lebih tua. Itulah mereka yang menderita progeria. Progeria muncul karena kelainan genetik yang menyebabkan anak-anak tua sebelum waktunya.

Hayley Okines adalah salah satu yang mengalaminya. Orang tua lantas membawanya ke Americafor untuk penangangan khusus. Hayley mengonsumsi obat yang memang tidak akan membuatnya terlihat seperti bocah seusianya, namun akan membantu agar rambutnya tumbuh dan usianya bisa lebih panjang.




5. Bayi Sakit Kulit Melepuh
Terserang penyakit Weber-Christian. Itulah yang dialami bayi berusia 14 bulan, Yang Xin. Penyakit ini menyebabkan kulit mati di daerah yang meradang terinfeksi, sehingga meninggalkan bekas luka cekung dengan cairan kekuningan. Kulit wajahnya pun seperti melepuh.

Penyebab maupun obat untuk penyakit bayi tersebut belum diketahui. Saat kesakitan, hanya pelukan ibu yang bisa menenangkan Yang Xin yang kala itu kondisinya tidak membaik.

No comments:

Post a Comment